Sponsors Link

7 Cara Beternak Kelinci Bligon yang Mudah dan Tepat

Kelinci Bligon Dewasa

Sudah disampaikan mengenai kelinci yang satu ini, hal itu ada pada artikel tentang perbedaan kelinci lokal dan Bligon, mungkin dapat anda simak kembali. Ya, kelinci jenis ini adalah ras yang familiar sekali dibudidayakan untuk dimanfaatkan dagingnya. Jadi tidak seperti kebanyakan kelinci yang lainnya untuk dipelihara lantaran cantik dan lucu. Kelinci bligon memang identik untuk dimakan, diolah menjadi masakan atau santapan lezat. Jenis ini mempunyai rasa daging yang akrab di lidah, gurih dan lezat sehingga populer di kalangannya.

Lalu, bagaimana cara beternak Kelinci Bligon? Tentunya akan disampaikan panduan mengenai beberapa teknik budidaya atau beternak kelinci yang satu ini. Guna menambah referensi anda, mungkin beberapa yang dapat disimak kembali adalah perawatan kelinci Australia yang mudah diterapkan, dan cara ternak kelinci hias sukses.

Memang tidak mudah dan tidak sulit memelihara hewan lucu yang satu ini, kelinci adalah mamalia jinak yang bisa anda ternak. Akan tetapi disampaikan tidak mudah, karena jika anda salah memberikan perawatan akan mudah sakit, stres atau bahkan mati. Apalagi untuk kelinci yang tengah hamil, perawatan harus benar-benar terbaik dan intensif. Nah, mungkin anda perlu bantuan menemukan solusi perawatan kelinci hamil. Anda dapat menyimak tips merawat kelinci hamil dengan baik dan benar.

Sedangkan dikatakan mudah lantaran hewan ini tidak berbahaya, sehingga mudah pula bagi anda membuatkan kandang tanpa takut ada anak kecil yang melihat. Selain itu pakannya tidak identik dengan jenis instan pabrikan dengan harga mahal. Anda bisa memberikan pakan bergulir mulai dari sayuran hijau seperti kangkung, wortel sampai dengan vitamin tambahan yang lainnya. Berikut ini cara melakukan ternak terhadap Kelinci Bligon yang dapat Anda terapkan.

1. Penentuan Lahan

Apakah anda sudah mempunyai lahan? Ini yang paling penting dan harus dipertanyakan. Ternak bligon tidak mungkin jika hanya satu, atau dua ekor. Mengingat bahwa jenis ini adalah kelinci pedaging yang dimakan. Otomatis anda pun akan beternak dalam jumlah yang sedikit lebih besar mungkin 10 sampai dengan lebih. Jadi, pastikan anda mempunyai lahan yang cukup untuk alokasi kelinci itu sendiri.

2. Pembuatan Kandang

Tidak mungkin sekali jika anda baru akan membuat kandang kala kelinci sudah dibeli. Pastinya anda mempunyai dan mempersiapkan kandang terlebih dahulu agar lebih mudah ketika kelinci sudah dibeli, anda tinggal meletakkan disana. Bisa saja jika anda membuat kandang setelah membeli kelinci anda kebingungan menempatkan dimana dan pada akhirnya akan kabur kemana-mana. Untuk membuatnya lebih mudah dikendalikan, berikut cara memelihara kelinci di rumah bagi pemula yang mudah diterapkan.

3. Pemilihan Bibit Terbaik

Karena kelinci bligon ini merupakan jenis yang banyak dikonsumsi, maka anda harus benar-benar mampu memilih yang baik dari yang terbaik. Cara ternak Kelinci Bligon pada tahapan berikut yakni tentang pemilihan jenis bibit terbaik, diantaranya yakni seperti:

  • Kelincahan, yakni aktif dan cekatan
  • Nafsu makan normal, jika sulit menerima makanan jangan dipilih
  • Sehat, artinya tidak sedang mengalami sakit. Biasanya kelinci yang sakit akan cenderung diam dan tidak banyak respon
  • Tidak cacat, tidak ditemukan tanda-tanda luka atau sakit pada badannya

4. Pemberian Pakan

Cara memberi makan kelinci bligon tidak bisa sembarangan, jangan melulu diberikan pakan yang sama. Rutin mengganti pakan setiap hari akan lebih baik, diantara jenis-jenis pakan untuk kelinci bligon adalah rumput dan atau jenis sayuran lainnya. Namun jangan lupa untuk memberikan pelet juga penting untuk menyeimbangkan nutrisi untuk kelinci bligon anda. Selebihnya jika anda mempunyai budget bisa memberikan nutrisi tambahan seperti Viterna, Poc Nasa, dan hormonik.

5. Vaksinasi

Tujuan dari vaksin adalah guna mempertahankan kondisi si kelinci tetap baik, yakni mampu menekan adanya serangan penyakit. Anda bisa melakukan vaksinasi pada kelinci bligon setidaknya sekali dalam satu bulan. Lebih baik kehilangan uang untuk mempertahankan kelinci tetap sehat hingga bisa dijual. Untuk kekhawatiran untung ruginya, hal itu dapat anda simak pada poin selanjutnya. Hal ini juga menjadi salah satu tips agar kelinci tidak cepat mati.

6. Pengawinan Kelinci

Karena beternak ini untuk mengambil keuntungan, maka jangan sampai anda membeli untuk jenis jantan saja. Pilihlah bibit campuran yakni jantan dan betina, dimana ada masa anda dapat melakukan pemijahan keduanya. Saat kelinci betina hamil maka disitulah keuntungan anda nantinya. Dan berikut tanda-tanda birahi pada kelinci yang dapat Anda kenali untuk memasangkannya.

7. Menjemur

Jangan lupa untuk menjemur kelinci setiap hari di pagi hari, baiknya di waktu pukul tujuh atau batas maksimal pukul delapan. Durasi yang terbaik adalah tidak terlalu lama, cukup 15 menit saja untuk mendapatkan paparan sinar matahari secara langsung dan memperoleh vitamin D alami. Maka, kelinci akan lebih sehat dan lincah.

Itulah ketujuh dari cara beternak Kelinci Bligon, untuk tambahan yang lainnya anda dapat menyimak cara memilih kandang kelinci yang bagus bilamana anda bingung dalam pembuatan lokasi kandang si kelinci. Demikian yang bisa disampaikan, selamat berhasil dan sukses mencoba.

, , , , , ,
Post Date: Saturday 12th, October 2019 / 23:51 Oleh :
Kategori : Kelinci