Sponsors Link

7 Perawatan Kelinci Australia yang Mudah Diterapkan

Kelinci Australia

Sering sekali pembahasan mengenai kelinci, mulai dari jenis sampai dengan cara perawatannya. Salah satu yang sudah disampaikan seperti cara agar kelinci hias semakin cantik dan menarik dan masih banyak yang lainnya. Kelinci sendiri adalah jenis mamalia dari famili Leporidae. Dapat ditemukan di banyak bagian bumi, bahkan di Indonesia sendiri. Namun kebanyakan orang juga tak kalah suka untuk jenis kelinci Australia. Perawatan Kelinci Australia tidak jauh berbeda dengan perawatan-perawatan hewan peliharaan atau jenis kelinci pada umumnya.

Hanya saja untuk jenis ini mungkin ada sedikit perbedaan, atau mungkin ada jenis makanan yang tidak boleh dimakan kelinci tersebut. Bicara mengenai hewan ini, adapun cara berkembang biak dengan cara beranak yang disebut vivipar. Dulunya, kelinci adalah hewan liar yang hidup di Afrika hingga ke daratan Eropa. Lalu pada perkembangannya, yakni tahun 1912, kelinci diklasifikasikan dalam ordo Lagomorpha.

Ordo ini dibedakan menjadi dua famili, yaitu Ochtonidae (jenis pika yang pandai bersiul) dan juga Leporidae (termasuk di dalamnya jenis kelinci dan terwelu). Sedangkan untuk asal kata kelinci yakni dari bahasa Belanda, yaitu konijntje yang berarti “anak kelinci”. Lalu seperti apa kelinci Australia tersebut?

Pastinya bahwa kelinci Australia memang lebih mampu menjadi primadona di kalangan pecintanya jika dibandingkan dengan kelinci lokal. Selain dari segi harga yang pasti jauh lebih mahal, Perawatan Kelinci Australia sendiri juga tidak semudah cara merawat kelinci di rumah ataupun cara merawat kelinci anggora.

Kelinci Australia adalah ras kelinci yang berasal dari australian, yang mana kelinci ini juga mempunyai ciri khas menarik dengan mempunyai bulu lebat dan lembut. Disamping itu, kelinci ini juga mempunyai bobot dan tubuh yang sangat besar tidak di pungkiri lagi dengan bobot yang mencapai hingga 7 kg kelinci ini di jadikan peternak menjadi kelinci pedaging . Kelinci Australia juga mempunyai produksi anak sangat cepat, maka tak heran banyak peminatnya.

Fakta menarik mengenai produktivitasnya adalah bahwa dari satu ekor atau satu indukan kelinci australia ini mampu melahirkan 4 sampai 5 kali beranak dengan setiap kali akan beranak bisa menghasilkan 6 ekor sampai 10 ekor. Mempunyai bulu yang terkesan cantik, tetapi masih ada yang lain jenis kelinci dengan bulu lebih tebal dan lembut yaitu anggora. Cara memelihara Kelinci Anggora mudah bagi pemula dapat anda simak kembali, dan berikut adalah perawatannya untuk Kelinci Australia.

1. Persiapan Lahan atau Lokasi

Salah satu yang menjadi langkah utama dalam berbudidaya kelinci australia adalah dengan menentukan sebuah lahan, apakah anda sudah mempersiapkan atau sudah mempunyai? Hal ini yang harus di utamakan dari beberapa yang lainnya. Lahan digunakan sebagai area kelinci, karena tidak akan mungkin anda beternak secara sembarangan tempat. Dengan adanya lahan yang memadai, maka kelinci akan nyaman dan anda sudah melakukan perawatan terbaik untuk kelinci australia.

2. Pembuatan Kandang Nyaman

Kandang bagus belum tentu nyaman, itulah yang tidak bisa dirasakan oleh manusia atau pembudidaya. Oleh karena itu material yang digunakan tidak perlu baru, asalkan masih kuat anda bisa membuat kandang senyaman mungkin baik untuk aktivitas kelinci dari makan, minum, bermain sampai dengan tidur.

3. Rajin Membersihkan Kandang

Jenis ras Australia ini juga bisa dibilang atau tergolong bulu tebal dan halus, seperti halnya anggora. Jenis kelinci Anggora yang memiliki ciri khas masing-masing dapat anda simak sebagai referensi membedakan setiap ras.

4. Rajin Memandikan

Perawatan yang paling afdol adalah dengan rajin memandikan sang kelinci, karena seperti yang sudah disampaikan bahwa kelinci Australia memang berbeda perawatan dari yang lokal. Salah dan lalai, anda bisa membuat kelinci mengalami masalah yang fatal. Tentang pertolongan pertama pada Kelinci yang sakit dapat anda simak kembali bila mana untuk referensi kala menemukan kelinci anda yang sakit.

5. Pemberian Pakan dan Minum Terbaik

Jangan lupa untuk memberikan makan dan minum yang seimbang dan bernutrisi. Jangan terlalu sering memberikan jenis pakan yang sama, tetapi sering lakukan perubahan menu pakan yang anda berikan pada kelinci. Minumnya anda bisa memberikan air putih biasa, dan sesekali bisa dicampuri dengan madu alami.

6. Memberikan Vitamin

Berikan vitamin pada kelinci anda, supaya memperkuat imunnya agar tak mudah sakit. Vitamin kelinci bisa di dapat pada petshop terdekat dengan harga terjangkau. Atau mungkin Anda juga dapat menerapkan cara membuat vitamin untuk kelinci berikut, agar makin hemat biaya perawatan lagi.

7. Vaksinasi

Selain pemberian vitamin, anda juga harus bisa melakukan vaksinasi pada kelinci australia anda. Minimal yakni lakukan vaksin sebulan sekali dan maksimal dua kali dalam satu bulan. Tujuan vaksinasi tersebut guna melawan virus dan atau ancaman suatu penyakit. Sehingga kelinci akan mempunyai daya imun kuat dan pastinya sehat.

Itulah ketujuh perawatan Kelinci Australia yang harus anda ketahui ketika Anda memeliharanya. Akan tetapi bagi yang belum memelihara juga dapat mengetahui pembahasan berikut, dikarenakan ketika sudah menerapkan tips membeli kelinci yang sehat dan memilikinya, maka bisa diterapkan dengan baik. Selamat membaca dan semoga bermanfaat.

, , , ,
Post Date: Thursday 10th, October 2019 / 13:53 Oleh :
Kategori : Kelinci