Sponsors Link

8 Manfaat Madu untuk Kelinci yang Perlu Diketahui

Kelinci Makan

Madu merupakan hasil yang alamiah dari hewan yakni lebah, adalah air seninya yang mempunyai rasa manis dan kental seperti sirup. Kandungan di dalamnya sangat baik bagi kesehatan, manusia atau bahkan hewan. Madu ini secara umum dapat diketahui berupa cairan dengan warna coklat keemasan yang merupakan hasil lebah dan serangga lainnya dari nektar bunga.

Apabila yang namanya tawon madu sudah berada dalam sarang maka nektar akan dikeluarkan dari kantung madu yang terdapat pada abdomen dan dikunyah dikerjakan bersama tawon lain. Lalu jika nektar sudah halus ditempatkan pada sel, atau jika sel sudah penuh akan ditutup dan terjadi fermentasi.

Selain manusia, madu dapat anda berikan pada hewan peliharaan seperti misalnya kelinci. Manfaat Madu untuk Kelinci ada banyak sekali, tidak jauh berbeda dengan manfaat bagi manusia. Pembahasan tentang kelinci sudah sering disampaikan, beberapa sebelumnya yakni tentang makanan Kelinci Anggora agar cepat besar, jenis Kelinci Anggora, dan pertolongan pertama pada Kelinci yang sakit. Namun, mengenai beberapa peran serta manfaat madu untuk si kelinci memang belum pernah disampaikan.

Pertama-tama yang mungkin anda pertanyakan adalah, mengapa madu rasanya manis? Hal itu disebabkan oleh sebuah unsur bernama monosakarida fruktosa dan glukosa, dan memiliki rasa manis yang hampir sama dengan gula. Hanya saja manisnya madu lebih alami karena tanpa buatan manusia dan dihasilkan oleh lebah. Madu mempunyai ciri-ciri kimia yang cukup menarik, banyak digunakan sebagai bahan oles jika untuk pemanggangan.

Sejarah penggunaan madu yang mendapat campur tangan oleh manusia sudah cukup panjang. Dari dulu manusia memanfaatkan madu untuk makanan dan minuman sebagai pemanis atau perasa. Aroma madu tersebut juga bergantung pada sumber nektar yang diambil si lebah. Untuk melakukan pengembangan seperti ini, anda butuh referensi seperti yang sebelumnya sudah disampaikan yaitu cara budidaya lebah madu bagi pemula.

Disamping itu juga sudah di jelaskan tentang alasan lebah menghasilkan madu. Sedang untuk jenis lebah yang paling efektif menghasilkan madu yakni jenis Apis Dorsata, tergolong lebah Asia dan paling bagus memproduksi madu. Dan berikut sederet manfaatna ketika diberikan kepada Kelinci peliharaan.

Manfaat Madu untuk Kelinci

1. Anti Inflamasi dan Radang

Anti Inflamasi berarti mencegah timbulnya panas dan nyeri, itulah Manfaat Madu untuk Kelinci jika anda memberikannya secara teratur. Tak hanya itu saja, madu juga mampu mencegah timbulnya radang pada kelinci yang akan menyebabkan tenggoroan sakit tak jauh berbeda seperti radang yang di alami oleh manusia.

2. Sebagai Daya Tahan Tubuh

Karena madu mengandung Vitamin B Kompleks, maka manfaat lain untuk si kelinci adalah sebagai daya tahan tubuhnya, sehingga tidak gampang sakit atau mudah terserang virus yang mendatangkan penyakit. Selain itu hal ini juga akan berujung pada pertumbuhan kelinci yang semakin baik.

3. Mengurangi Tekanan Depresi

Bukan hanya manusia yang bisa saja stres, namun kelinci pun dapat. Tingkat depresi hewan lebih mengancam nyawa lebih cepat dibandingkan manusia. Oleh sebab itu anda harus memberikan madu pada kelinci secara teratur untuk menekan tingkat stres dan berujung depresi. Kelinci yang depresi akan sulit menerima makanan, minuman dan lebih sering menyendiri.

4. Menambah Stamina dan Vitalitas

Manfaat lainnya yang bisa didapatkan oleh kelinci adalah untuk menambah stamina serta vitalitasnya. Sehingga kelinci akan mempunyai energi lebih besar dibanding yang sama sekali tidak menerima madu atau asupan vitamin yang lainnya.

5. Menguatkan Janin Kelinci Betina

Madu juga sangat bagus untuk kandungan si kelinci, karena akan memperkuat janin si kelinci betina. Sehingga akan lahir kelinci sehat dan dengan bobot normal. Pastinya hal ini akan mempunyai tingkat terhindar dari penyakit lebih besar.

6. Melancarkan ASI

Anda mungkin pernah mengalami kebingungan kala sang kelinci betina tidak terlalu lancar dalam mengeluarkan ASI. Nah, madu adalah solusinya untuk mempercepat cairan susu ibu untuk anaknya. Berikan madu secara teratur ketika kelinci betina melahirkan.

7. Mengatasi Gangguan Pencernaan

Madu berkhasiat untuk mengatasi gangguan pencernaan, sehingga bila mana kelinci mengalami masalah pada perut atau hal-hal yang berkaitan dengan sistem pencernaan maka anda dapat memberikan madu ini untuknya.

8. Menambah Nafsu Makan

Rasa madu yang manis tentu akan disukai kelinci, dibanding yang pahit. Banyak vitamin atau jamu pahit untuk menambah nafsu makan kelinci yang mungkin kurang disukai. Mengapa tidak dicoba memberikan madu yang rasanya jelas manis? Tentunya kelinci akan suka dan mampu meningkatkan nafsu makannya.

Madu banyak sekali khasiatnya seperti yang disebutkan beberapa poin di atas. Selain disukai kelinci, madu juga sangat aman digunakan. Bahkan, madu juga bisa dan mampu mengatasi luka luar, khususnya luka bakar. Dan untuk beberapa kasus, berikut ini cara mengobati kelinci lengkap beserta penyebabnya yang dapat Anda cegah untuk datang kembali.

Demikianlah manfaat madu untuk Kelinci yang perlu Anda ketahui sehingga tidak ragu lagi untuk memberikan madu terhadap Kelinci peliharaan. Tidak harus setiap hari, melainkan beberapa pekan sekali pun tidak masalah. Semoga bermanfaat.

, , , , ,
Post Date: Wednesday 09th, October 2019 / 23:41 Oleh :
Kategori : Kelinci