Sponsors Link

Cara Ternak Joper Sukses Dengan Hasil Yang Maksimal

Sponsors Link

Joper merupakan nama lain dari ayam kampung super yang saat ini mulai banyak diternakan untuk memenuhi kebutuhan yang ada. Tingginya minat ayam kampung super atau joper tersebut menjadikan mulai memunculkan niata untuk ikut beternak joper tersebut. Agar hasil yang diperoleh maksaimal maka proses ternak dan perawatannya haruslah dilakukan dengan baik dan benar terutama bagi pada pemula yang memang belum terlalu memahami ayam kampung super tersebut. Berikut ini beberapa tips ternak joper sukses yang perlu diikuti terutama oleh para peternak pemula dalam penjelasan dibawah ini.

ads
  1. Mempersiapkan kandang

Sebelum memasuki tahapan lanjut dari proses ternak joper sukses maka hal pertama yang perlu diperhatikan dan disiapkan adalah kandang dari ayam joper tersebut. Kandang joper haruslah bersih dan nyaman untuk ditepati oleh ayam tersebut agar proses pertumbuhan dan peternakannya dapat berlangsung dengan lancar. Kandang sebaiknya terletak jauh dari pemukiman warga dengan bentuk terbuka yang menjadikan ayam dapat bebas berjalan di dalam kandang. Buatlah penutup atas atau atap agar sinar matahari tidak langsung masuk ke dalam kandang sehingga menghindarkan ayam kepanasan saat siang hari. (Baca juga : cara ternak ayam jawa super pola hcs)

  1. Pemberian pakan ayam joper

Selain tempat hidup, makanan merupakan hal penting selanjutnya yang memang harus diperhatikan dengan baik selama proses ternak joper sukses. Porsi dan jenis pakan untuk ayam joper tentu berbeda dengan ayam biasa karena membutuhkan nutrisi yang tepat tidak berlebih secara jumlah maupun jenisnya. Pastikan juga pakan yang digunakna harus sesuai dengan usia atau umur dari ayam joper. (Baca juga : cara ternak ayam sistem umbaran)

  1. Mendapatkan bibit yang unggul

Untuk mempermudah proses ternak dan meningkatkan peluang hasilnya yang baik maka sebaiknya bibit untuk ayam joper dibeli dari pembibit yang sudah terjamin kualitasnya. Bibit yang dipilih sebaiknya memiliki waktu penetasan yang tepat 21 hari tidak lebih ataupun kurang. Pastikan kesehatan bibit dapat terjaga dengan baik yang dilihat dari postur, bentuk fisik, mata yang baik, kondisi sayap dan permukaan, serta berbagai hal terlhat sehat. (Baca juga : cara ternak ayam jawa super)

  1. Proses pemeliharaan yang baik

Proses pemeliharaan yang baik tentu sangat berperan penting dalam menjadikan ternak joper berlangsung sukses atau tidak. Managemen pemeliharaan yang baik dapat diperoleh melalui referensi dari berbagai macam peternak yang memang sudah sukses menjalankan proses ternak joper tersebut. Dalam pemeliharaannya ada beberapa hal yang perlu diperhatikan diantaranya seperti memastikan kebutuhan makanan, memastikan kebersihan kandang, vaksinasi bibit ayam, dan lain sebagainya. (Baca juga : cara beternak ayam tanpa bau)

  1. Menghindari hama dan penyakit

Salah satu ancaman besar yang mengancam proses ternak ayam joper adalah hama maupun penyakit. Untuk menghindarkan ayam dari bahaya hama atau penyakit tersebut maka peternak harus cemat memperhatikan kondisi kesehatan setiap ayam dan tentunya memisahkan segera ayam yang terlihat sakit agar tidak menularkan pada ayam lainnya. Pemberian obat dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan penyakit pada ayam. (Baca juga : ternak ayam di musim hujan)

Itulah beberapa langkah ternak joper sukses yang dapat dilakukan oleh para peternak pemula. Sebelum memulai untuk memutuskan beternak ayam joper maka pastikan semua persiapan termasuk pengetahuan yang mendalam dari proses ternak yang direferensikan oleh para peternak ayam joper berpengalaman sudah dimiliki dengan baik. Perlu diperhatikan bahwa ternak ayam joper tentu lebih sulit dibandingkan dengan ternak ayam biasa lainya.

Sponsors Link
, , , ,
Post Date: Wednesday 24th, October 2018 / 09:54 Oleh :
Kategori : Ayam