Sponsors Link

8 Tips Melindungi Sangkar dari Semut

Sangkar burung

Jika membicarakan tentang sangkar, tentunya identik dengan burung. Mungkin anda mempunyai burung peliharaan dirumah, atau memang anda merupakan kicau mania? Banyak kejadian sangkar burung yang terganggu oleh kehadiran para semut-semut yang darimana asalnya. Kesal sudah pasti, lantaran jika dibiarkan hal itu akan menguasai burung dan menyerangnya yang sehingga burung bisa saja mati. Seperti yang diketahui, percaya atau tidak semut mempunyai kekuatan besar bahkan menyerupai gajah. Bersama dengan semua populasinya mereka bisa mengangkat benda-benda besar dengan berat yang utuh sekalipun.

Nah, bisa dibilang bahwa semut cukup membahayakan untuk hewan ternak seperti burung. Apalagi jika anda memberikan pakan dan minum yang sedikitnya tercium aroma manis. Semut-semut akan cepat kilat datang dan menyerbunya, perlahan mulai menyerang burung peliharaan anda tersebut. Jadi, artikel ini akan menyampaikan tentang Tips Melindungi Sangkar dari Semut. Bicara mengenai burung sendiri, sebelumnya sudah banyak disampaikan tentang pemelliharaan atau tips ternak burung-burung, mulai dari burung kenari dan semua jenisnya. Beberapa yang sudah disampaikan yakni manfaat air kelapa untuk burung kenari, manfaat brokoli untuk burung kenari, manfaat jangkrik untuk burung beo, dan masih banyak lagi.

Ada beberapa hal yang harus anda ketahui untuk melindungi sangkar burung dari semut. Mungkin salah satunya ada pada bagian artikel kelebihan sangkar kayu untuk burung peliharaan. Sedangkan untuk beberapa hal yang bisa anda simak sebagai salah satu Tips Melindungi Sangkar dari Semut adalah sebagai berikut:

1. Rajin Menjaga Kebersihan Sangkar

Tips Melindungi Sangkar dari Semut yang pertama sudah pasti anda harus rajin menjaga kebersihan sangkar tersebut. Kebiasaan orang yang mungkin malas, mereka hanya akan membersihkan satu kali dalam satu minggu. Pastinya sudah banyak kotoran burung, sisa makan serta air yang tumpah-tumpah disana.

Hal inilah salah satu untuk mengundang semut-semut datang. Meskipun anda tidak memberikan makanan atau minuman yang berbau gula, sisa makanan yang sudah tidak terpakai tetap akan di datangi semut. Dan tidak menutup kemungkinan penyakit datang juga, salah satu kejadian yang sering ditemui yakni penyakit kulit pada burung murai ketika kandang kotor.

2. Jangan Sering Memberikan Pakan dan Minum Manis

Boleh, jika anda memberikan pakan dan minum yang manis-manis karena burung menyukai air gula. Akan tetapi tidak mungkin anda akan memberikan makanan manis pada burung berupa kue, snack atau yang lainnya. Pemberian pakan manis pada burung biasanya buah-buahan segar seperti apel, tomat, pisang, pepaya, dan beberapa jenis buah lainnya. Jikalaupun anda memberikan air gula, sebaiknya segera dibersihkan kala itu juga sebelum semut-semut berdatangan.

3. Menjemurnya

Jika ternyata sudah beberapa semut yang berdatangan, sebaiknya langsung jemurlah sangkar burung dan burungnya. Semut akan pergi jika merasa panas, namun untuk melakukan ini harus dengan aturan. Burung jangan sampai dijemur pada panas matahari pukul 10 siang lebih sampai jam 2 siang. Hal itu bisa membakar tubuhnya dan lemas, jadi yang perlu diperhatikan adalah lihatlah waktu sebelum dijemur. Jika jamnya kurang atau tidak mendukung sebaiknya jemur sangkarnya saja.

4. Pastikan Wadah Makan dan Minum Bersih

Bukan hanya harus membersihkan sangkarnya saja, namun Tips Melindungi Sangkar dari Semut lainnya adalah dengan memastikan pula bahwa wadah untuk pakan dan minum burung harus bersih.

5. Rajin Mencuci Sangkar

Setiap dua kali dalam satu minggu, pembersihan sangkar bukan hanya dengan membuang kotoran dan me-lap semua yang ada di sangkar. Namun anda juga harus lebih bersih lagi, yakni rajin mencuci sangkar dua kali dalam satu minggu.

6. Sering Menggantang Sangkar

Jangan meletakkan sangkar burung di tempat yang mudah di jangkau anak-anak, bukan karena mereka berbahaya. Akan tetapi hal itu juga berbahaya bagi burung jika predator datang seperti anjing, kucing, bahkan ular. Di samping itu semua, lokasi sangkar di atas memang lebih jauh terjangkau semut. Setidaknya ini lebih praktis, aman dan pastinya rajin. Ini menjadi salah satu cara merawat burung agar rajin berkicau juga.

7. Berikan Vitamin Pada Burung

Lantas apa kaitannya Tips Melindungi Sangkar dari Semut dengan pemberian vitamin pada burung? Sudah banyak kejadian bahwa burung yang terlihat sakit-sakitan akan diserang semut karena aromanya tercium. Satu hal yang pasti, anda harus memastikan bahwa burung peliharaan anda baik-baik saja dan sehat. Salah satu untuk mempertahankan hal itu adalah dengan memberikan vitamin untuk kekebalan tubuhnya. Sehingga burung akan lincah dan sehat, semut-semut akan tidak mudah datang.

8. Berilah Kapur Semut

Meski hanya sebuah kapur, namun aroma khusus kapur semut sangat menyengat sekali dan dibenci oleh semua semut. Jadi, anda bisa melingkari sangkar dengan kapur semut pada bagian luarnya. Hal itu akan sulit dilewati oleh pasukan kecil, alias semut-semut.

Nah, jadi itulah beberapa hal yang berkaitan dengan cara melindungi sangkar dari semut. Salah satunya dengan menjaga kebersihan, karena banyak kejadian bila kurang bersih akan cepat mengundang semut. Dan ketika Anda ternak atau memelihara lovebird, memang harus cukup di spesialkan untuk kandang agar seimbang dengan tampilan burungnya. Berikut ini tips memilih sangkar lovebird yang disenangi oleh burung, sehingga akan semakin aktif dalam beraktifitas ataupun berkicau.

, , , , ,
Post Date: Sunday 29th, September 2019 / 09:42 Oleh :
Kategori : Burung