Sponsors Link

8 Cara Mengusir Semut di Kandang Jangkrik

Ternak Jangkrik

Kehadiran semut, tidak semua manusia beranggapan baik. Memang untuk beberapa mitos, mengatakan bahwa adanya banyak semut yang berada di lingkungan anda adalah pembawa rejeki. Pada kenyataannya, kehadiran semut malah mengundang rasa jengkel saja. Apalagi sampai merusak acara atau tatanan yang ada. Diantaranya yakni, misalnya anda sudah membuat kue dan meletakkannya. Semua semut pasti akan berdatangan lantaran mencium aroma manis tersebut. Beda kasus lagi, contoh yang lainnya adalah semut dengan tipe penggigit, sebab jenis-jenis semut cukup beragam di lingkungan sekitar.

Pasti sudah terbayang bagaimana rasanya terkena gigitan semut, meskipun kecil tetapi serangannya cukup terasa. Belum lagi ada kasus-kasus yang lainnya, yang mana kebanyakan dari anda akan marah-marah ketika pasukan semut tersebut datang. Nah, dan yang paling menjengkelkan adalah mengganggu rumah-rumah jangkrik, Anda sudah menerapkan cara ternak jangkrik petelur atau cara ternak jangkrik di kardus dengan baik, malah dirusak oleh semut. Sering jadi masalah para semut bermunculan di ternakan jangkrik anda. Kenapa?

Karena biasanya jangkrik ternakan tidak semua hidup, terkadang anda tidak mengecek ada yang mati. Jangkrik yang mati tersebut akan diserang para semut dan pasukannya. Perlahan, jika tidak segera di atasi maka serangannya akan merambat pada jangkrik yang masih hidup sampai pada akhirnya mati. Anda tentu tidak ingin hal itu terjadi, atau mungkin sedang melakukan ternak jangkrik untuk usaha. Cara mengusir Semut di kandang Jangkrik akan disampaikan disini, memberikan wawasan untuk anda bagaimana langkah-langkahnya guna mengurangi semut yang menyerang kandang jangkrik.

Cara Mengusir Semut di Kandang Jangkrik

1. Air Jeruk Nipis

Untuk apa dan bagaimana penggunaan air jeruk nipis agar semut pergi dari kandang jangkrik? Cukup semprotkan saja air perasan jeruk nipis di sekitar kandang atau sekitar tempat menaruh kandang jangkrik. Bau asam dari jeruk nipis akan mengacaukan bau makanan jangkrik yang ditangkap semut. Untuk bahan satu ini juga bisa digunakan sebagai cara menghilangkan kutu pada sapi hingga cara mengatasi ayam pilek yang cukup ampuh.

2. Kayumanis

Anda tentu tahu apa itu kayumanis, yang biasanya banyak digunakan sebagai aroma pada sebuah minuman. Manfaatnya memang cukup banyak, dan salah satunya kayumanis juga bisa dimanfaatkan untuk mengusir para semut di kandang jangkrik. Adapun yang bisa anda gunakan adalah jenis kayumanis yang masih berwujud batangan bisa digunakan sebagai mainan sekaligus aroma yang tidak disukai semut lantaran aromanya yang terbilang wangi.

Selain itu, kayumanis juga memiliki efek antibakteri yang ringan, yang penggunaannya bisa ditaburkan pada makanan segar dalam cuaca panas untuk mencegah pertumbuhan bakteri patogen pada makanan sang ternak sekalipun hanya jangkrik si serangga kecil. Caranya, taburkan bubuk kayumanis disekitar kandang jangkrik, khsusunya yang dijadikan jalan. Anda pasti tahu bagaimana para barisan semut datang, baris-berbaris panjang dan banyak.

3. Peppermint

Minyak esensial seperti peppermint juga dapat mengusir semut, anda bisa mencobanya terlebih dahulu. Jika anda susah mendapatkan minyak esensial peppermint tersebut, anda dapat menggunakan sabun cair yang beraroma mint. Campurlah minyak mint tersebut atau apapun yang jenisnya mint dengan air yang perbandingannya sama dalam botol semprot, kemudian semprotkan pada kerumunan semut di sekitar kandang jangkrik. Dijamin banyak semut yang berlarian pergi karena tidak menyukai aroma dan rasa mint.

4. Boraks, Air dan Gula

Cara selanjutnya yang bisa Anda terapkan adalah dengan cara mencampurkan boraks, air dan gula hingga berbentuk seperti pasta. Oleskan pasta boraks tersebut di sekitar kandang jangkrik atau tempat yang biasa dilalui semut. Nantinya semut akan membawa bongkahan-bongkahan pasta yang dikira gula tersebut ke dalam sarangnya tanpa mengetahui pasta tersebut mengandung racun boraks.

5. Air Mendidih dan Sabun Cuci Piring

Guna membasmi para koloni semut dengan menyiram air panas merupakan cara yang lebih alami dan aman daripada penggunaan insektisida. Atau anda juga bisa menggunakan botol semprot yang berisi air yang bercampur dengan sabun cuci piring dan semprotkan pada kerumunan semut.

6. Baking Soda dan Gula Halus.

Kenapa justru gula? Tidak, bukan hanya gulanya saja namun dengan baking soda pula. Perlu anda ketahui bahwa semut selalu menyertai dirinya dengan zat asam untuk perlindungan. Buatlah campuran baking soda dan gula halus dan kemudian letakkan disekitar kandang jangkrik. Rasa asam pada kombinasi baking soda dan gula halus akan mengecoh semut, sehingga semut tidak akan meneruskan pencarian gula di rumah anda.

7. Ampas Kopi

Cara mengusir semut agar tidak berada di kandang Jangkrik berikutnya adalah dengan menggunakan ampas kopi. Caranya yakni taburkan ampas kopi di sekitar kandang hamster yang telah menjadi jalan masuk semut ke kandang jangkrik anda.

8. Tepung Jagung

Poin kedelapan ini adalah dengan menggunakan tepung jagung. Caranya juga tidak terlalu sulit, yaitu dengan menaburkan tepung jagung di sarang semut di halaman rumah anda dan semut akan segera meninggalkan sarangnya. Selain untuk mengusir semut, manfaat jagung pada burung kenari, termasuk pemberian tepung jagung ternyata cukup baik loh.

Nah, jadi dengan beberapa poin cara mengusir semut di kandang jangkrik tersebut anda bisa mencoba untuk mencegah agar semut tidak merusak tatanan anda, dan kalau ingin memperbanyaknya bisa ikuti cara menangkap jangkrik mudah sebagai berikut. Asalkan telaten, hal ini tidaklah terlalu sulit. Demikian yang dapat disampaikan, semoga bermanfaat.

, , , , , ,
Post Date: Saturday 28th, September 2019 / 23:29 Oleh :
Kategori : Jangkrik