4 Cara Beternak Burung Zebra Finch

Burung Zebra Finch ini merupakan salah satu jenis burung finch dengan ukuran yang lebih kecil dan sangat lincah. Yang menjadi daya tarik dari burung ini adalah bagian warna bulunya yang belang, mirip seperti Zebra.

Bagi anda yang sedang mencari cara beternak burung Zebra Finch, maka dibawah ini ada beberapa cara serta syarat yang harus anda lakukan. Burung ini memiliki nilai ekonomi yang cukup tinggi, jadi banyak orang yang ingin membudidayakannya. Perlu untuk diketahui juga terkait faktor utama penentu harga burung kicau agar tidak rugi.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, tentu saja anda harus memperhatikan beberapa langkah rekomendasi untuk mendapati jenis burung ini bisa berkembang biak dengan maksimal. Bagi anda yang sudah penasaran, langsung saja simak ulasannya dibawah ini.

Cara Beternak Burung Zebra Finch

1. Mengetahui Jenis Kelamin Burung Zebra Finch

Untuk cara beternak yang pertama kali ini pastinya anda harus paham mengenai ciri dari jenis kelamin dari burung tersebut. Untuk mengenai jenis kelamin ini sangat mudah kok, dimana pada saat burung sudah dewasa maka perbedaan burung zebra finch jantan dan betina mencolok bisa dilihat pada bentuk fisiknya.

Untuk burung Zebra Finch jantan ini dari tampilan fisiknya terlihat pada bagian pola garis dagu dan juga  bentuk dari paruh ini terlihat lebih gelap.  Selain itu, warna bulu yang cerah dan warna-warni yang di ikuti garis hitam pada bagian dada, juga bisa menjadi pertanda jika burung tersebut memiliki kelamin jantan.

Sementara untuk burung Zebra Finch betina, memiliki paruh yang terlihat berwarna orange dengan warna pada paruh nampak lebih terang. Sayap burung ini tidak memiliki bintik-bintik putih, akan tetapi warna pipinya menyerupai warna pada bulu yang tak jarang berwarna abu-abu.

Namun sekarang sudah banyak burung yang melakukan mutasi yang membuat banyak orang yang bingung membedakan jenis kelaminnya, meskipun begitu anda bisa melihat perbedaan pada bagian paruh karena hal ini tidak akan pernah berubah, jika warna orange maka betina, dan jika warnanya merah gelap maka berarti jantan.

2. Persiapan Kandang

Cara dalam ternak burung Zebra Finch selanjutnya kali ini adalah menyiapkan kandang.  Pastikan anda membuat kandang ini ukurannya sesuai kebutuhan dan jumlah burung yang anda ternak. Untuk bentuk kandang ini bisa dibuat secara soliter ataupun koloni, sesuai dengan budget yang anda miliki.

Hal terpenting dalam membuat kandang burung Zebra Finch ini anda sediakan kotak sarang tertutup yang memiliki lubang kecil sebagai pintu keluar masuknya. Ketahui juga terkait kelebihan sangkar besi untuk burung peliharaan atau mungkin kelebihan sangkar kayu untuk burung peliharaan.

3. Pemilihan Pakan

Untuk makanan dari burung Zebra Finch ini sendiri adalah biji-bijian, akan tetapi untuk menambah nutrisinya maka anda bisa menambahkan pakan seperti millet, buah segar, maupun telur rebus. Pastikan juga ketersediaan air minum bersih selalu ada setiap harinya, dan jangan sampai kehabisan.

Pemberian multivitamin juga penting agar burung tidak gampang sakit nanti. Beberapa varian yang bisa memenuhi kebutuhan nutrisi dari sang burung bisa anda ketahui dalam pembahasan jenis makanan tambahan burung zebra finch sebagai berikut.

4. Proses Pengembangbiakan

Bagi pelaku usaha, pasti berharap jika nantinya  anakan dari burung Zebra Finch ini memiliki kualitas bagus, dan hal ini tergantung dengan pemilik indukan yang ideal dan kondisi burung tersebut sehat tanpa ada cacat.

Jika kondisi kedua indukan ini sehat, tentunya tidak dibutuhkan waktu yang lama bagi mereka membangun sarang, dan beberapa hari kemudian induk betina pun bertelur. Dalam proses berikut, anda perlu mengenal egg binding lebih mendalam.

Lakukan pengecekan kandang secara berkala untuk memastikan apakah induk betina ini sudah bertelur apa belum, tapi jangan sampai mengganggu proses pengembangbiakan. Kurang lebih induk burung Zebra Finch ini bakal bertelur 5-8 butir, dan akan mengeraminya secara bergantian.

Kunci sukses dalam melakukan budidaya ini bisa anda lihat dari kualitas telur yang dihasilkan, dimana jika pada minggu pertama berubah warna menjadi gelap, maka telur itu dalam kondisi bagus. Namun jika anda kurang yakin, maka bisa melakukan candling atau peneropongan telur, berikut caranya:

  • Sediakan lampu senter dan letakkan pada bagian belakang telur, lalu nyalakan
  • Perhatikan pada pembuluh darah telur, yakni berupa serabut kecil berwarna merah di dalam telur
  • Perlihatkan juga detak jantung embrio yang bentuknya seperti titik merah kecil seperti gumpalan darah berukuran  lebih besar dengan denyut yang cepat
  • Jika usia telur tersebut sudah 1 minggu lebih, maka seluruh bagian bakal berwarna merah, dan embrionya pun bakal nampak jelas
  • Sebelum mengambil telur, pastikan tangan anda bersih agar tidak ada kuman yang menempel nantinya

Telur dari burung Zebra Finch ini bakal menetas setelah 14 hari pengeraman, jika sudah sampai 20 hari belum menetas maka sebaiknya anda buang saja. Untuk proses pemisahan anakan ini bisa dilakukan ketika anakan sudah berusia 5-6 minggu, jika tidak segera dipisahkan nantinya indukan bisa mengejar dan mencabuti bulu anaknya tersebut.

Mungkin cukup sekian dulu ulasan tentang cara beternak burung Zebra Finch, semoga ulasan ini bermanfaat dan bisa menjadi referensi untuk anda semua. Dan jangan lupa untuk mengetahui juga terkait arti burung mati di depan rumah.