Sponsors Link

7 Cara Merawat Burung Trucukan Buat Lomba

Burung Trucukan

Burung trucukan saat ini sedang populer di kalangan pecintanya alias kicau mania. Anda sendiri mungkin salah satu dari jutaan pecinta burung yang ada di nusantara ini. Selain harganya terjangkau, burung trucukan mudah dipelihara dan mudah dijumpai. Hal-hal lain mengenai burung sudah sering disampaikan sebelumnya yakni tentang kelebihan sangkar kayu untuk burung peliharaan bagi anda yang sedang dalam masa konsep pemilihan atau pembuatan kandangnya, artikel tersebut dapat menjadi referensinya. Memang tidak mudah memelihara burung, harus dengan jiwa yang telaten dan penuh kasih sayang. Nah, salah satu yang akan di bahas disini adalah mengenai cara merawat burung trucukan buat lomba agar memungkinkan menang.

Apalagi untuk kontes lomba, merawat burung tidak bisa secara sembarangan. Terdapat tips memelihara burung jalak kapas bagi pemula yang mungkin saja bisa membantu anda dalam pemeliharaan burung trucukan. Kurang lebihnya sama untuk pemeliharaan burung apa saja yang bisa anda coba. Selain itu, artikel lain mengenai pemeliharaan burung atau ternak burung yang sudah disampaikan yakni jenis makanan burung branjangan, tips sebelum memelihara burung beo dan masih banyak lagi sampai dengan mitos atau arti burung mati didepan rumah. Jadi, cara merawat burung trucukan untuk lomba yang pertama kali adalah pemilihan bibit unggul atau berkualitas.

Tidak mungkin sekali seekor burung yang sudah cacat terus anda latih untuk bisa mengikuti lomba, hasilnya tidak akan memuaskan. Oleh karena itu yang pertama anda perhatikan sebelum merawat burung adalah memilih bibit berkualitas yang sehat, lincah dan tidak cacat. Disamping itu, berikut cara terbaik untuk melakukan perawatan terhadap burung trucukan buat lomba yang bisa anda simak.

Cara Merawat Burung Trucukan Buat Lomba

1. Pemberian Pakan Tepat Waktu

Salah satunya adalah dengan memberikan pakan secara tepat waktu, tidak tledor atau lalai. Karena makanan menjadi kebutuhan pokok yang tidak bisa anda lewatkan begitu saja. Jangan sampai telat karena akan mengurangi energi si burung untuk bisa tumbuh dan berkembang sehat. Ketahui juga tentang manfaat pakan ikan untuk burung.

2. Memberikan Persediaan Minum

Untuk makanan, anda bisa memberikan sedikit demi sedikit tanpa harus menyisakan di sangkar secara berlebih. Karena hal itu bisa mengundang semut sekalipun makanan kering, atau bisa jadi tumpah akibat ulah burung itu sendiri. Sehingga amat di sayangkan jika pakan tersebut musnah karena tidak termakan, mubadzir.

Akan tetapi untuk minum, mengingat bahwa air menjadi sumber kehidupan makhluk hidup jadi jangan sampai telat. Anda tidak perlu menjatah minum burung, selalu sediakan air di sangkarnya untuk sewaktu-waktu si burung bisa meneguk kapan saja.

3. Pemberian Pakan Tambahan dengan Pemenuhan Gizi

Karena burung trucukan ini akan anda ikutkan lomba, jadi sebisa mungkin buatlah sehat dan cerdas. Jangan hanya memberi pakan pokok itu dan itu saja, tetapi berikan suplai makanan tambahan dengan pemenuhan gizi seimbang. Misalnya yakni buah-buahan segar, sayuran sampai dengan ramuan alami seperti air jahe, madu dan beberapa yang lainnya.

Hal ini untuk membantunya meningkatkan daya tahan tubuh, sehingga tetap sehat dan tumbuh lincah. Dari sinilah burung akan akrab dengan anda dan mudah untuk dilatih, gacor pun lantang. Simak juga tentang tips membuat kroto super untuk pakan burung kicau.

4. Terapi Pagi

Apa itu terapi pagi? Jadi, seekor burung memang sudah seharusnya mendapatkan ini untuk mudah bersiul. Adapun yang dimaksud dari terapi pagi yakni memandikan burung di pagi-pagi sekali yakni pukul enam, dengan cara menyemprotkan air hingga basah. Selain burung akan bersih dan terlihat segar, sekaligus mandi pagi memudahkan burung bersiul. Namun pastikan bahwa burung dalam keadaan seratus persen sehat, tidak sedang sakit.

5. Menjemur

Jemur burung di pagi hari untuk mendapatkan asupan vitamin D secara langsung dan alami. Tepatnya adalah di jam delapan, dibawah terik matahari selama kurang lebih 20 menit saja. Jika terlalu lama akan membuatnya lemas tak bertenaga sekalipun anda sudah memberikan persediaan air. Ini juga menjadi salah satu cara merawat burung yang sedang mabung.

6. Latih Setiap Hari

Bagaimana cara melatih burung trucukan sebelum diikutkan lomba? Usahakan anda selalu memberikan waktu untuknya, dan bersiullah di depan sang burung. Nantinya fokus burung trucukan tak lebih dari kepada anda, melihat dan memperhatikan bagaimana anda bersiul serta menganggap anda sebagai temannya.

7. Faster Burung

Jadi, trik ini merupakan langkah untuk membantu burung trucukan cepat gacor. Bila anda belum mengerti, yang di maksud dengan faster burung adalah dengan membunyikan suara mp3 dari berbagai jenis dan suara burung di depan trucukan anda. Perlahan trik ini akan menuntunnya untuk ikut bersiul pula karena menganggap ada teman-temannya.

Jadi, begitulah cara merawat burung trucukan buat lomba yang bisa anda coba. Memang bukan hal mudah untuk membuat si burung mudah gacor lantang dan merdu. Sehingga anda memerlukan trik yang bisa di praktikkan. Demikian yang bisa disampaikan, semoga bermanfaat dan jangan lupa baca juga mengenai cara menghilangkan suara kutilang pada burung trucukan.

, , , ,
Post Date: Saturday 23rd, November 2019 / 06:00 Oleh :
Kategori : Burung