Sponsors Link

Ciri – Ciri Harimau Sumatera yang Mudah Dilihat

Harimau Sumatera

Bicara soal binatang buas, banyak sekali yang bisa disebutkan disini mulai dari yang kecil sampai dengan besar. Diantaranya yakni seperti singa, beruang dan beberapa yang lainnya serta perbedaan singa dan harimau sebelumnya juga telah di paparkan. Selain itu, sebelumnya juga telah di sampaikan mengenai ciri-ciri beruang Kutub dan menjadi daftar binatang buas lain setelah harimau dan singa.

Harimau sendiri merupakan spesies kucing terbesar di muka bumi ini, bukan seperti kucing yang biasa anda temui pada lingkungan rumah anda. Dari beberapa jenis yang ada, salah satunya yakni Harimau Sumatera atau (Panthera tigris sumatrae) yang merupakan satu dari enam sub-spesies harimau yang masih bertahan hidup hingga saat ini. Ciri-Ciri Harimau Sumatera akan disampaikan pada kesempatan ini, yang mana tentunya berbeda dari beberapa jenis yang lain.

Secara umum, memang bahwa harimau Sumatera mempunyai tubuh yang relatif paling kecil dibandingkan semua sub-spesies harimau yang hidup saat ini. Serta selain itu, warna kulit harimau Sumatera merupakan yang paling gelap dari seluruh spesies yang ada, mulai dari kuning kemerah-merahan hingga oranye tua. Satwa yang satu ini termasuk dalam status Kritis (Critically Endangered) alias terancam punah.

Berdasarkan pencatatan data sejak tahun 2004, jumlah populasi harimau Sumatera di alam bebas hanya sekitar 400 individu saja. Harimau Sumatera menghadapi dua jenis ancaman untuk bertahan hidup yang meliputi bahwa mereka kehilangan habitat karena tingginya laju deforestasi dan terancam oleh perdagangan ilegal dimana bagian-bagian tubuhnya diperjualbelikan dengan harga tinggi di pasar gelap, yakni untuk dijadikan perhiasan, tas kulit, ikat pinggang dan masih banyak lagi.

Demikianlah yang menjadi penyebab kelangkaan harimau sumatera, makin kesini yang semakin menipis dan terancam. Sebagai jenis kucing besar, meski terbilang buas tetap saja harimau harus dilindungi dan di lestarikan. Karena harimau mempunyai peran penting dalam rantai makanan, yang bisa mempengaruhi kehidupan mendatang jika harimau benar-benar punah. Jangan disamakan dengan kucing kampung yang biasa anda temui, yakni mamalia jinak yang banyak dipelihara. Mungkin anda menyukainya?  Bisa disimak cara bermain dengan kucing dirumah jika anda memeliharanya.

Harimau merupakan binatang buas yang tak pandang apapun jenisnya dan dimana ia berasal. Namun untuk harimau Sumatera ini mungkin tak lebih mengerikan dengan hewan terganas di hutan amazon, Disana banyak binatang buas yang lebih ekstrim lagi. Sebelum menyimak apa saja Ciri-Ciri Harimau Sumatera, dapat anda ketahui ulang penyebab binatang ini terancam kritis (langka / punah) yakni sebagai berikut:

  • Hilangnya Habitat Asli

Makin kesini makin berkurang tempat atau habitat asli harimau Sumatera, jadi tidak heran ketika ada beberapa kasus mengenai harimau yang turun ke kampung. Ia sulit mencari tempat tinggal dan tenang disana untuk makan dan berkembang biak. Hal ini karena hutan yang mungkin di alihkan menjadi perkebunan atau yang lainnya.

  • Pemburuan

Penyebab dari terancamnya keberadaan harimau Sumatera selanjutnya adalah adanya pemburuan liar. Para pemburu yang sengaja membidik harimau dan diambil beberapa bagiannya untuk kemudian dijual.

Berikut ini adalah Ciri-Ciri Harimau Sumatera yang bisa anda simak:

1. Relatif Kecil

Seperti yang sudah disampaikan diatas bahwa harimau Sumatera mempunyai bentuk tubuh relatif kecil dibandingkan jenis yang lain atau dengan kata lain jika dibandingkan dengan semua sub-spesies harimau yang hidup saat ini.

Untuk si jantan dewasa bisa memiliki tinggi hingga 60 cm dan panjang dari kepala hingga kaki mencapai 250 cm serta berat hingga 140 kg. Sedangkan untuk harimau betina memiliki panjang rata-rata 198 cm dan berat hingga 91 kg.

2. Terdapat di Sumatera

Sudah pasti bahwa harimau ini hanya dapat ditemukan di Sumatera, seperti namanya. Akan tetapi beberapa spesies mungkin berada di daerah luar Sumatera dikarenakan diperlukan untuk penangkaran atau pameran di Kebun Binatang wilayah tertentu, mulai dari lokal hingga Luar Negeri sekalipun. Misal seperti Bekantan, dimana hewan ini cuman ada di Kalimantan, namun dengan memahami cara Bekantan bertahan hidup, maka bisa pula hewan ini di rawat di luar daerahnya secara baik untuk mengembang biakkannya agar tidak langka.

3. Kulit Lebih Pekat

Warna kulit harimau Sumatera ini adalah corak yang paling gelap dari seluruh harimau, mulai dari kuning kemerah-merahan hingga oranye tua. Pola warna hitam pada tubuhnya berukuran lebar dan jaraknya rapat kadang kala dempet.

4. Mudah Jelajahi Hutan Rimba

Karena harimau Sumatera ini mempunyai ukuran tubuh relatif kecil, menjadikannya lebih mudah untuk jelajahi hutan rimba. Sama seperti beberapa jenis-jenis rusa asli Indonesia, akan tetapi hewan rusa ini menjadi salah satu santapan hewan buas termasuk Singa ataupun Harimau sehingga kehidupannya sendiri juga sangat terancam ketika berada di Hutan lebat.

5. Strip Belang Lebih Tipis

Belang corak pada harimau ini lebih tipis daripada spesies harimau yang lainnya. Dengan demikian, Anda bisa mengenalinya dengan jelas tanpa perlu memperhatikannya secara mendetail dari dekat.

6. Miliki Banyak Janggut

Ciri-Ciri Harimau Sumatera yang lainnya yakni mempunyai banyak janggut serta surai apabila dibandingkan dengan spesies harimau lainnya, terutama harimau jantan.

7. Bulu Berubah Ketika Masa Melahirkan

Bulunya akan berubah warna menjadi hijau gelap ketika harimau betina melahirkan. Sedangkan kejadian ini tidak akan terjadi pada Harimau Sumatera berkelamin Jantan.

8. Mempunyai Selaput di Sela-Sela

Terdapat selaput di sela-sela jari sang harimau Sumatera yang menjadikannya mampu berenang dengan cepat. Diketahui bahwa harimau ini akan menyudutkan mangsanya ke air, terutama bila binatang buruan tersebut lambat berenang.

Itulah kedelapan dari ciri-ciri fisik harimau sumatera yang dapat Anda ketahui. Oh ya, berkaitan dengan hewan buas Anda juga dapat menyimak jenis jenis ular berbisa dan paling mematikan di Dunia. Semoga bermanfaat!

, , , , , ,
Post Date: Wednesday 21st, August 2019 / 16:37 Oleh :
Kategori : Hewan Liar