Sponsors Link

7 Cara Memelihara Marmut di Rumah

Marmut Peliharaan

Binatang kecil dan lucu sering dijumpai yakni marmut, mungkin anda pun tahu. Marmut ialah sejenis hewan pengerat yang tergolong ke dalam familia Sciuridae dengan genus Marmota. Marmut atau marmot umumnya hidup di daerah pegunungan, seperti Alpen atau Pirenia di Eropa, Pegunungan Rocky atau Sierra Nevada di Amerika Serikat, dan Kanada bagian utara. Marmot umumnya akan membuat sarang di dalam tanah dan melakukan hibernasi selama musim dingin berlangsung. Kebanyakan marmot tergolong hewan sosial yakni bilamana marmot berkomunikasi satu sama lain dengan siulan nyaring, terutama jika merasa ada bahaya.

Nama marmut atau marmot sendiri berasal dari bahasa Latin mures monti alias tikus gunung, dari bahasa Latin Klasik mures alpini yakni tikus Alpen. Sedangkan untuk makanan utama si marmut ini adalah tumbuh-tumbuhan, misalnya rumput-rumputan, buah beri, lumut kerak, lumut daun, akar-akaran, dan bunga. Bagaimana cara memelihara marmut dirumah, anda tentu tertarik kan? Bicara tentang marmut, hewan lain yang bisa dikatakan masih sejenis dengan bentuk yang mirip adalah hamster atau guinea pig. Akan tetapi yang sudah sering disampaikan adalah mengenai hamster. Diantaranya yakni jenis-jenis hamster yang sangat banyak sekali.

Selain itu, masih banyak lagi yakni cara agar hamster tidak bau, mengingat bahwa hewan ini cukup menyengat baunya. Apalagi saat membuang kotoran, oleh karena itu pemilik selalu di sarankan untuk menjaga kebersihan. Selain itu masih banyak lagi, dari cara mengajak hamster bermain, tanda-tanda hamster mau mati sampai dengan cara membedakan hamster jantan dan betina. Nah, untuk cara pemeliharaan marmut dirumah yakni tidak jauh berbeda dengan cara memelihara hamster atau hewan peliharaan yang lainnya. Berikut yang bisa anda simak:

Cara Memelihara Marmut di Rumah

1. Menyediakan Kandang

Pertama yang harus anda miliki adalah sebuah kandang, dan yang pertama harus anda persiapkan. Kandang adalah tempat untuk menjaga marmut agar tidak kabur dan pergi maka harus di utamakan. Carilah kandang dengan ukuran sedikit lebih besar dari tubuhnya, agar bisa dan memiliki gerak untuk bermain di kandang. Berikut ini cara membuat kandang hamster yang tidaklah sulit.

2. Berikan Wahana Bermain

Sama halnya dengan hamster, di dalam kandang marmut sediakan wahana bermain sepergi paralon, baling-baling dan masih banyak lagi. Untuk mendesain sendiri mungkin memang sedikit ribet, maka dari itu anda bisa memesan dari ahlinya. Sampaikan padanya agar bisa membuat kandang semenarik mungkin. Maka dari sini marmut pun nyaman dan betah.

3. Menjaga Kebersihan

Karena setiap hewan membawa aroma khas masing-masing, dan kotorannya pun memiliki karakteristik berbeda tetapi semua kotoran, baik dari hasil buang air besar atau air kecil tetaplah bau. Akan tetapi untuk marmut ini memang mempunyai kotoran yang menyengat. Jadi usahakan untuk menjaga kebersihan menjadi salah satu dari bagian teknik pemeliharaan yang tepat, sebab bertujuan untuk menjaga kesehatannya.

4. Berikan Pakan Kesukaan

Dalam cara memelihara seekor marmut dirumah, hal yang harus anda utamakan setelah kandang adalah makanan. Pakan adalah kebutuhan pokok yang harus ada, namun apa yang menjadi makanan kesukaan marmut itulah maka sediakan. Tetapi jangan setiap hari memberikan makanan kesukaannya. Imbangi gizinya dengan menggonta – ganti menu makanannya. Maksudnya, minimal dalam sehari ada makanan kesukaannya dan yang lainnya adalah pakan bergonta-ganti mulai dari biji-bijian atau sayuran. Ketahui juga tentang cara fermentasi untuk pakan kelinci.

5. Berikan Susu

Nah, bukan berarti marmut tidak suka susu. Hewan ini tetap akan suka jika anda memberikan susu di kandangnya, biarkan dia meminumnya sendiri. Susu bagian dari cara memeliharanya dirumah yang mudah. Susu memiliki kandungan gizi yang cukup, sehingga sangat baik untuk kelangsungan pertumbuhan marmut.

6. Rajin Memandikan

Rajinlah untuk memandikan si marmut, tujuannya tidak lain adalah dalam hal kebersihan. Mempertahankan kebersihan menjadi nilai lebih dalam memelihara marmut, karena tidak semua orang bisa melakukannya. Kebersihan tubuh marmut akan membuatnya nyaman dan lama-lama takluk pada anda.

Selain itu, kebersihan badannya akan menjauhkan marmut dari bakteri dan semua virus yang membawa penyakit. Apalagi hewan peliharaan cukup renta dan mudah sekali terserang sakit. Jadi untuk menjaganya dari serangan penyakit maka lakukan kebersihan tubuhnya.

7. Ajak Bermain

Sesekali luangkan waktu untuknya, yakni mengajak bermain marmut. Caranya adalah dengan sering menyentuhnya, menggendongnya, sampai dengan menyentuh perutnya. Marmut pun akan tahu bahwa ini cara manusia mengajaknya bermain. Tetapi tetap waspada dan hati-hati, jika marmut agresif maka bisa menggigit. Kenali terlebih dahulu karakternya dan dekatkan anda padanya.

Inilah ketujuh poin dalam cara memelihara marmut dirumah yang bisa anda terapkan. Marmut memang menjadi hewan lucu, menggemaskan. Apalagi bulunya yang lembut selalu menjadi sasaran dan alasan mengapa banyak orang menyukainya. Begitulah yang harus anda ketahui jika akan memelihara marmut dirumah, minimal telaten memberikan perawatan dan jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan. Jangan lupa ketahui juga tentang cara budidaya marmut bagi pemula yang bisa mendatangkan kesuksesan untuk Anda. Demikianlah yang disampaikan, semoga bermanfaat.

, , ,
Post Date: Saturday 30th, November 2019 / 04:46 Oleh :
Kategori : Hewan Peliharaan